Tuesday 14 July 2015

Penggunaan Tangga Nada Pada Fred Gitar

Seperti yang saya janjikan kemaren pada postingan Belajar Tangga Nada Gitar saya kali ini akan menjelaskan bagaimana cara penggunaan tangga nada pada Fred Gitar, dalam penggunaan tangga nada pada gitar sendiri itu cukup susah, tapi bagi mereka yang ingin mendalami gitar dalam hal melody mereka harus bisa memahami tangga nada itu sendiri karena dalam gitar melody diperlukan penekanan yang sangat dasar pada hal tangga nada.

Untuk pertama-tama sebelum Belajar penggunaan tangga nada pada fred gitar, saran saya kalian harus mengetahui skala diatonik.

Skala Diatonik memiliki tujuh not yang berbeda dalam satu oktaf. tangga nada inilah yang biasanya menjadi acuan dalam menciptakan karya music, serta pada tangga ini juga menjadi acuan dalam membuat (rumus) turunan tangga nada unik lainnya.

Pada tangga nada diatonic dibagi-bagi yaitu:

-  Skala Mayor (Tangga nada mayor).
skala mayor merupakan tangga nada yang mempunyai jarak antar nada dengan rumus interval :
1-1-1/2-1-1-1-1/2, sama seperti yang sudah saya jelaskan di postinga Belajar tangga nada gitar
Untuk Lebih Jelasnya bisa lihat gambar di bawah

Pada contoh gambar diatas menggunakan nada dasar C=Do, dan kalian dapat mempraktekkannya dengan memetik senar 5 pada fred 3 Nada(C) dan terus ke fred 5,7,8,10,12,14,15 hingga kalian akan menghasilkan nada Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do.

Dan Berikutnya adalah.
- Skala Minor (Tangga Nada Minor)
Skala Minor sendiri Intervalnya kemaren sudah di bahas di Belajar tangga nada gitar :
1-1/2-1-1-1/2-1-1


Pada Contoh Gambar diatas menggunakan nada dasar A=Do, dan anda dapat mempraktekkannya dengan cara memetik senar 5 pada fred 0 dan seterusnya sampe fred 12.

Itulah Penjelasan Singkat mengenai penggunaan tangga nada pada fred gitar, gimana udah ngerti ngak? yah paling ngak sedikit ya.. next time ntar postingannya akan membahas lebih lengkap deh sekian dulu ya
Title: Penggunaan Tangga Nada Pada Fred Gitar; Written by Mursalin; Rating: 5 dari 5
Posted by: Mursalin
AsiaChordGuitar.blogspot.com, Updated at: 17:58

1 comment:

  1. Salam kenal semua, bagi penggemar gitar yg ingin mengasah permainan gitar secara lengkap & mengunduh materi utk pemula, blues, jazz silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com

    ReplyDelete

Tinggalkan kritik dan saran di komentar ya
atau tinggalkan jejak untuk sekedar backlink dan share info sobat