Friday 3 July 2015

5 Jenis Pickup Gitar

Pickup adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai penangkap suara getaran senar, yang kemudian mengubahnya menjadi sinyal listrik yang didistribusikan ke amplifier. Pickup bisa juga disebut sebagai mikrofon pada gitar.
Namun, bisa jadi, masih banyak gitaris yang belum paham betul jenis-jenis pickup serta karakter suara yang dihasilkannya masing-masing. Karena seperti kita tahu, dalam memainkan gitar setiap gitaris pasti memilih sound yang cocok untuk genre musik yang dimainkannya. Nah, berarti kita harus tahu jenis pickup yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut penjelasan singkat seputar jenis pickup, semoga bermanfaat.



1. Humbucker Rail

Humbucker Rail merupakan solusi buat penggemar single coil yang suka memainkan lagu-lagu dengan distorsi yang tinggi. Jenis pickup ini memiliki ukuran seperti single coil namun dengan output menyerupai humbucker, juga mampu meredam noise seperti halnya humbucker.

2. Soapbar

Sesuai namanya, Soapbar memang berbentuk seperti sabun batangan. Pickup jenis ini memiliki output yang lebih besar dibanding single coil, namun lebih kecil dari humbucker dan memiliki sound cenderung mendekati single coil. Soapbar sangat umum digunakan pada musik-musik jazz, blues, hingga rock and roll.

3. Active Pickup

Pickup jenis aktif  memiliki output yang sangat besar, bahkan lebih besar dibanding pickup humbucker. Memiliki respon yang sangat baik untuk gain atau distorsi yang besar.  Pickup jenis ini harus menggunakan tenaga baterai 9V, dan Potensio 25k. Pickup aktif paling umum menjadi andalan para gitaris metal agar bisa menyemburkan sound heavy yang kasar.

4. Single Coil
Cikal bakal pickup yang ada pada gitar dimulai dari single coil. Jenis ini memiliki karakter suara yang sangat jernih dan sangat baik untuk kebutuhan sound Clean dan Crunch. Single coil dipopulerkan oleh pabrikan gitar ternama yaitu Fender, sangat ideal untuk dimainkan di musik-musik blues, country, jazz, funk dll. Dengan ciri khas sound twang dan glassy clean membuat gitaris-gitaris hebat dunia sangat gemar menggunakan pickup jenis ini. Contohnya seperti Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Eric Clapton hingga Eric Johnson. Adapun kelemahan pada pickup jenis ini terletak pada noise yang ditimbulkannya, cukup besar pada saat mengalami distorsi.

5. Humbucker
Humbucker merupakan pengembangan dari single coil dengan output yang lebih besar. Dipopulerkan oleh pabrikan gitar Gibson. Pickup jenis ini mengandung single coil ganda (double coil) sehingga humbucker tidak menghasilkan hum atau noise. Pickup jenis ini mampu menghasilkan sound High-Gain yang bersih dari noise serta power yang lebih besar. Sangat ideal untuk musik-musik rock, metal, dan musik-musik keras lainnya, yang digemari gitaris-gitaris legendaris seperti Jimmy Page, Slash, Kirk Hammet hingga Joe Satriani.

Nah, info singkat ini semoga bisa bermanfaat, dan mempermudah para gitaris untuk menemukan sound yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Title: 5 Jenis Pickup Gitar; Written by Mursalin; Rating: 5 dari 5
Posted by: Mursalin
AsiaChordGuitar.blogspot.com, Updated at: 13:54

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan kritik dan saran di komentar ya
atau tinggalkan jejak untuk sekedar backlink dan share info sobat