Friday 31 October 2014

Teknik Memegang Gitar dan Mengenal Senar Gitar

Pertama Teknik Memegang Gitar

Cara Memegang Gitar sebenarnya mudah. Bagian body gitar dikepitkan ke bagian ketiak bagian kanan lalu tangan kiri memegang bagian leher dan jari sebelah kiri mencoba menekan senar.
Posisi ketika bermain gitar memang sangat menentukan enak tidaknya kita bermain. Posisi dalam keadaan duduk dinilai posisi yang paling enak karena lebih mudah ketika bermain dan pegangan akan terasa lebih kokoh bila dibandingkan ketika kita memainkannya sambil berdiri.
Posisi tangan kanan harus dalam keadaan relaks, sehingga pundak dan lengan bisa bergerak bebas. Posisi tangan kanan tidak mesti harus berada di depan lubang suara, tetapi boleh juga berada sedikit kesebelahnya. Hal ini dilakukan agar suara yang keluar dari lubang gitar tidak terganggu.
Untuk Posisi tangan kiri, simpan jempol di tengah. Dalam melakukan gerakan, usahakan tidak terlalu jauh. Hal ini unutk menjaga agar energi kita juga tidak kontak jari dengan senar menjadi lebih dekat. Jangan luruskan jari-jari ketika sedang menekan senar, tetapi sedikit melengkung agar tenaga yang di keluarkan juga lebih besar dan nada yang ditekan akan keluar dengan baik. 

Mengenal Senar Gitar
 

Dalam gitar standar, kita akan menemukan 6 senar gitar. Jika ingin bermain gitar, kita harus tahu urutan dan nada yang dikeluarkan dari setiap senar.
Senar Pertama. Senar ini terdapat dibagian paling bawah. Senar ini biasanya disebut senar E
Senar Kedua. Kedua dari bawah disebut senar B
Senar Ketiga. Ketiga dari bawah disebut senar G
Senar Kempat. Ketiga dari atas disebut senar D
Senar Kelima. Kedua dari atas disebut senar A
Senar Keenam. Yaitu senar yang paling atas disebut senar E
Keenam senar diatas, 3 senar diatas  yaitu bunyi E, A, dan D itu disebut dengan tali bass, dan 3 senar di bawah yaitu E,B, dan G disebut tali solo.
Title: Teknik Memegang Gitar dan Mengenal Senar Gitar ; Written by Mursalin; Rating: 5 dari 5
Posted by: Mursalin
AsiaChordGuitar.blogspot.com, Updated at: 22:42

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan kritik dan saran di komentar ya
atau tinggalkan jejak untuk sekedar backlink dan share info sobat