Friday 31 October 2014

2 Jenis Gitar dan Apa sih Gitar itu

 APA SIH GITAR ITU?

Pertama saya akan membahas mengenai penjelasan Gitar, Gitar adalah alat musik petik yang terbuat dari kayu dengan beberapa bagian dari logam atau metal dan memiliki 6 tali atau senar untuk dimainkan. Bagian diatas dan bawah Gitar berbentuk angka 8. Keenam senar terikat pada pegs atau pemutar senar yang ditarik sepanjang badan gitar. Pegs atau pemutar senar ini digunakan untuk menyetel (menyetem) gitar. Instrumen ini snata dikenal dan suaranya disinyalir memiliki sifat romantis. Tak heran mengapa nanuak orang menggunakan gitar sebagai salah satu cara untuk merayu.

MENGENAL JENIS GITAR 

Jenis Gitar yang kita kenal ada dua, yaitu The Pick Guitar dan The Finger-Style Guitar.

Pertama 


The Pick Guitar. gitar jenis ini merupakan jenis gitar yang dimainkan dengan cara dipetik dengan menggunakan pick atau sejenis alat petik yang bentuknya bulat pipih yang biasanya terbuat dari plastik atau tempurung penyu. gitar ini memiliki dua lubang suara yang berbentuk S (shapped) pada badan bagian depan gitar. Senarnya terbuata dari kawat dan tersambung pada tali pengikat senar. Leher gitar berdekatan dan ditandai frets.
Bermain dengan menggunakan pick memang tidak mudah. kita harus menyatu dengan pick tersebut. Pada awalnya terjadi kekakuan ketika akan memetik senar, sehingga petikan menjadi kasar dan kurang akurat.
Pemilihan Pick yang akan digunakan juga menjadi unsur penting. memeilih pick tidaklah mudah, apalagi bila kita belum pernah memakainya. Yang penting dalam memilih pick adalah ketebalan pick karena menentukan kelenturan pick tersebut.

Kedua
 
Yang kedua ini adalah The Finger-Style Guitar. Gitar jenis ini dimainkan dengan memetik senar dengan jari. Senar-senarnya terbuat dari nilon, sutra, dan kawat. Gitar jenis ini mempunyai satu lingkaran lubang suara. Frets pada jenis gitar ini lebih lebar bila dibandingkan dengan Frets pada jenis pick guitar.
Title: 2 Jenis Gitar dan Apa sih Gitar itu ; Written by Mursalin; Rating: 5 dari 5
Posted by: Mursalin
AsiaChordGuitar.blogspot.com, Updated at: 22:43

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan kritik dan saran di komentar ya
atau tinggalkan jejak untuk sekedar backlink dan share info sobat