Tuesday 2 December 2014

Berlatih Alternate Picking Dengan Baik

hi..hi.. kembali lagi sama chord gitar asia..


 

Salah satu teknik bermain gitar elektrik adalah apa yang disebut sebagai Alternate Picking, teknik ini ialah sebuah teknik dasar dalam bermain gitar elektrik dengan kecepatan tinggi yaitu dengan cara menggunakan pick(pemetik) yang digunakan untuk memetik dawai atau string yang bergerak keatas-kebawah(up down up down up down up down, dan seterusnya).

Mungkin terlihat sepele memang teknik ini, namun jangan salah walaupun tergolong teknik dasar namun Alternate Picking dalam perkembangannya menjadi salah satu teknik gitar elektrik yang paling sulit untuk dikuasai. Untuk menguasai teknik ini dengan baik dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan secara perlahan namun pasti, karena dalam memainkannya kita harus memperhitungkan akurasi dan power.

Teknik ini biasa digunakan oleh seluruh gitaris Rock, dan beberapa nama yang begitu tersohor dalam menguasai teknik ini adalah Paul Gilbert, Nuno Bettencourt dan John Petrucci. Ketiga gitaris ini seolah-olah menjadi influence wajib bagi semua gitaris Rock didunia, karena sangat hebat dalam memainkan teknik Picking yang akan membuat semua orang sangat terpukau.

Dengan menguasai teknik ini secara baik maka kita akan bisa memainkan gitar dengan cepat namun tetap terjaga akan akurasinya, sehingga tidak heran memang jika seluruh gitaris muda terutama yang suka lagu Rock, pasti akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mempelajari teknik ini, dengan berbagai Lick fingering dari yang termudah hingga kelas expert. 
contoh lick

Beberapa tips agar anda bisa memainkan teknik altenate picking dengan baik diantaranya adalah.

1. Lenturkan pergelangan tangan kanan sebelum latihan selama kurang lebih 5 menit agar tidak kaku, sedangkan untuk tangan kiri gunakan Fingergrip khusus gitaris secara teratur minimal satu hari 1 jam(lebih lama lebih baik. Jika anda belum tahu fingergrip, yaitu sebuah alat bantu untuk senam jari yang terbuat dari pegas yang biasanya terdiri dari 4 tombol untuk jari telunjuk, tengah, manis dan kelingking. Alat seperti ini bisa anda beli ditoko alat musik atau oleh-raga

2. Gunakan pick yang terbuat dari campuran plastik dan karbon dengan ukuran minimal 1mm, dan pastikan ujungnya tidak tumpul.

3. Cara memegang pick yang paling ideal untuk berlatih Alternate Picking ialah, posisi pick diapit oleh jempol dan jari telunjuk dan tiga jari lainnya setengah ditelungkupkan. Selain itu ujung pick untuk memetik dawai juga jangan terlalu tebal atau dengan kata lain ujung pick keluarkan sedikit saja dari genggaman jari. Kedua hal tersebut agar power yang anda miliki akan lebih maksimal, dan suara juga akan lebih clean atau bersih.

4. Pusatkan power untuk menggerakan pick anda pada pergelangan tangan kanan, jangan pada siku tangan. Satu hal lagi pergelangan tangan juga harus rileks namun bisa memetik dengan kuat, hal ini agar anda juga tidak cepat lelah sehingga Alternate Picking anda akan lebih konstan.

5. Jika anda ingin teknik Alternate Picking anda lebih bersih, ketika berlatih gunakan gitar tanpa distorsi dahulu sampai nada Alternate Picking anda terlihat benar-benar jelas walupun dengan kecepatan tinggi. Jika sudah kemudian bisa menggunakan distorsi dengan setingan lebih rendah dari biasanya atau separuhnya saja, dan juga bisa menggunakan pickup tengah, atau mengurangi volume gitar.

Jika anda sudah menguasai, ketika menggunakan set effect distorsi seperti biasanya maka akan terdengar sangat memukau para penonton atau para juri ketika festival.

6. Jika anda ingin belajar Alternate Picking anda konstan ada juga cara unik yang mungkin bisa anda coba, yaitu sangat simpel karena hanya dengan cara picking dawai dengan kecepatan sedang hingga tinggi pada satu nada saja selama 1-1,5 menit tanpa henti, dan kecepatan harus konstan tidak boleh turun apalagi terputus atau berhenti. Cara ini memang terlihat ngaco namun coba saja pergelangan tangan anda pasti akan terasa sangat pegal, karena melakukan picking selama 1,5 menit tanpa henti tanpa putus pada 1 nada saja.

7. Yang terakhir tentu saja banyak-banyaklah mencari lesson-lesson gitar yang terkait dengan teknik tersebut dan terutama dari ketiga gitaris yang telah saya sebut diatas yaitu Paul Gilbert, Nuno Bettencourt dan John Petrucci.

Title: Berlatih Alternate Picking Dengan Baik; Written by Mursalin; Rating: 5 dari 5
Posted by: Mursalin
AsiaChordGuitar.blogspot.com, Updated at: 20:49

No comments:

Post a Comment

Tinggalkan kritik dan saran di komentar ya
atau tinggalkan jejak untuk sekedar backlink dan share info sobat